Minggu, 20 Desember 2015

Rijksmuseum, Museum Paling Terkenal di Belanda

WisataBelanda.Blogspot.Com Belanda memang negara yang memiliki banyak sekali museum. Rijks Museum adalah museum nasional yang terbesar dan paling banyak dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Belanda. Tercatat kunjungan wisatawan ke Rijksmuseum selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hingga pada tahun 2014 lalu diperkirakan 2.450.000 orang mengunjungi museum ini.


Usia museum ini sudah lebih dari 2 abad. Termasuk museum yang paling ramai dikunjungi dibandingkan museum-museum lainnya di dunia. Oleh karena itu, janganlah heran jika Rijksmuseum adalah salah satu dari 10 museum paling top di seluruh dunia. Keberadaannya sejajar dengan Museum Louvre di Paris, Perancis dan Metropolitan Museum of Arts di New York, Amerika Serikat.
Di buka pada tahun 1800 sebagai Rijksmuseum untuk Kota Amsterdam yang dulunya terbatas untuk memajang koleksi benda seni dari seniman Belanda saja. Setelah beberapa kali berpindah tempat, akhirnya Rijksmuseum berada di tempat yang ada sekarang pada tahun 1808. Bangunan megah ini di desain oleh arsitek Belanda yang bernama Petrus J.H. Cuypers (Pierre Cuypers). Rijksmuseum adalah bangunan dengan arsitektur gaya Belanda-Neo Renaissance dengan elemen-elemen neo-Gothic untuk dekorasinya.

Ada beragam koleksi yang dimiliki oleh Rijksmuseum. Koleksi utamanya adalah benda-benda bersejarah dan lukisan-lukisan dari banyak maestro lukis Belanda seperti Rembrandt dan Vincent van Gogh, serta banyak pelukis lainnya baik dari Belanda sendiri maupun pelukis lain dari seluruh dunia. Terdapat pula benda-benda antik yang bertalian dengan budaya Belanda, juga buku-buku tua dan bahan cetak lainnya, hingga beragam koleksi fotografi klasik.

Rijksmuseum seharusnya masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi ketika melancong di Belanda. Museum ini dibuka setiap hari sepanjang tahun untuk pengunjung mulai jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Harga tiket masuk untuk dewasa adalah 17,50 Euro sedangkan untuk anak mulai 18 tahun ke bawah gratis. Tiket dapat dibeli di konter yang tersedia di museum ataupun dapat dibeli secara online melalui situs milik Rijksmuseum.

Rijksmuseum adalah satu dari 10 museum terbaik dunia, terletak di Kota Amsterdam Belanda
Rijksmuseum tampak depan

Akses ke museum yang sangat terkenal ini sangat mudah. Wajar dong, kan Rijksmuseum adalah salah satu dari 10 museum terbaik di dunia. Ada banyak jalur transportasi umum yang dapat ditempuh untuk menuju Rijksmuseum. Jika anda adalah wisatawan yang menginap di Kota Amsterdam, maka dapat memulai perjalanan dari Central Station Amsterdam dengan menggunakan tram jalur 2 dan 5 lalu turun di Hobbemastraat. Atau jika wisatawan baru jalan-jalan mengeksplorasi Kota Amterdam, maka dapat menaiki tram line 6, 7, atau 10 dan turun di Spiegelgracht.

Jika anda menggunakan bis umum, maka dapat menaiki bis nomor 145, 170, atau 172 untuk kemudian turun di halte Hobbemastraat. Hanya saja, halte bis lumayan jauh untuk ditempuh dengan jalan kaki menuju ke Rijksmuseum. Tapi sebenarnya tidak apa-apa juga, jalan kaki sambil menikmati suasana Kota Amsterdam dan mungkin mampir sebentar di toko-toko souvenir yang ada. Sementara untuk bis pariwisata biasanya akan parkir di dekat Philips Wings yang ada di sisi kiri Museumplein di Paulus Potterstraat.
Selama setahun, 365 hari, Rijksmuseum buka mulai jam 9 pagi sampai jam 5 sore
Rijksmuseum selalu padat pengunjung setiap harinya

Bangunan Rijksmuseum terdiri dari 2 bagian berbentuk bujursangkar yang masing-masing memiliki atrium di bagian tengahnya. Pintu masuk ada di bagian tengah dan pada lantai pertama gedung akan dijumpai Galeri Kehormatan (Gallery of Honour). Ada pula bagian tambahan gedung yang sedikit terpisah yang disebut Philips Wing yang memamerkan sejarah arsitektur Belanda.

Night Wacth atau Militia Company of District II under Command of Captain Frans Banninck Cocq adalah salah satu masterpiece Rembrandt yang menjadi koleksi Rijksmuseum
Night Watch (Militia Company of District II under The Command of Captain Frans Banninck Cocq), masterpiece Rembrandt, koleksi Rijksmuseum - Amsterdam

Terdapat lebih dari 1 juta objek menjadi koleksi museum ini. Tetapi hanya 8 ribu objek saja yang dipamerkan dalam display kepada pengunjung. Objek-objek ini terdiri dari benda-benda seni, kerajinan, dan benda bersejarah yang berasal dari tahun 1200-an hingga tahun 2000-an.
Selama berada di museum ini, para pengunjung diperbolehkan menggunakan kamera baik untuk rekam video ataupun foto, dengan catatan tidak menggunakan blitz dan tripod.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...